Sabtu, 08 Juli 2017

Sambal Goreng Ati


Lebaran adalah waktu yang sangat dinanti setiap tahunnya. Selain bisa bersilaturahmi dengan keluarga dekat dan jauh, bisa makan masakan khas lebaran juga. Salah satu masakan favorit saya selain rendang hati sapi adalah sambal goreng ati. Enggak  lengkap lebaran tanpa masakan satu ini.
Kalau hari-hari biasa sih masak sambal goreng atinya pakai hati ayam, kalau lebaran pakai hati sapi. Tahun ini saya enggak mudik ke Tangerang sehingga enggak bisa menikmati sambal goreng ati buatan Mama yang enak banget. Mertua kalau masak sambal goreng kentang enggak pakai ati dan sambal gorengnya cenderung basah, saya sukanya sambal goreng yang kering. Jadi tahun ini saya pun masak sendiri sambal goreng ati, tentunya dengan panduan dari Mama via HP. Hasilnya lumayanlah bisa mengobati kerinduan masakan si Mama.

Resep Sambal Goreng Hati

Bahan
1 kg kentang, potong dadu
1/2 kg hati sapi, rebus, potong dadu, goreng
1 papan petai, potong kecil
2 lembar daun salam
Garam
Gula
Lada bubuk

Bumbu halus
15 siung bawang merah
7 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar, buang biji

Cara membuat
1. Tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum dan berubah warna. 
2. Beri air sedikit, masukam petai, diamkan hingga mendidih dan sat, beri garam, gula, lada bubuk. Koreksi rasa.
3. Masukkan ati dan kentang, aduk rata. Sajikan selagi hangat.

Hati sapinya saya beli disalah supermarket, yang kebetulan sedang ada diskon. Tips dari si Mama kalau merebus hati sapi 1/2 kg, belah hati sapi menjadi 2 atau 3 bagian kemudian rebusnya dikasih 1 atau 2 cabe rawit utuh dan beri garam secukupnya. Katanya sih biar enggak amis, tapi emang iya sih enggak amis kemarin saya makan. 1 porsi ini habis sehari saja, Suami bolak-balik makanin.



IG : @dapuralaria

2 komentar:

  1. baru aja kemaren mama masak sambal goreng kentang tapi ga pake ati :)

    BalasHapus
  2. Samaaa, aku jg sambel goreng suka yg kering mba :p. Kalo keluarga suami cendrung basah, krn katanya di solo begitu.. :D. Tra ga pedes.. Krn aku org sumatra, mama slalu masaknya kering dan pedaas :D. Tp memang lbh enak kalo ati sapi yaa.. Krn aku ga doyan jg ati ayam sih.. Jd kalo utk hr2 biasa, si mbak di rumah masaknya pake rempela.. Ati ayamnya disingkirin :p

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan ^____^