Rabu, 15 Maret 2017

Cooking Mama : Donat Tanpa Telur


Sudah pertengahan Maret dan saya baru sempat posting sekarang, harusnya ini sudah ditulis lama karena bikinnya juga dari bulan lalu. Namun saya selalu saja lupa untuk membuat draftnya, sibuk di blog sebelah. Cooking Mama kali ini saya dan Diah sepakat bikin donat, waktu itu lagi kepengen makan donat jadi kepikirannya donat aja deh untuk tema kali ini.

Sebenarnya saya paling tidak ahli kalau bikin roti-rotian, enggak pernah ngulenin pakai tangan bisa sampai kalis. Ujung-ujungnya ya pakai mixer aja biar cepat kalis, padahal penasaran juga ngulenin pakai tangan. Seperti bikin donat kali ini nyoba ngulenin pakai tangan eh pegel enggak kuat lama akhirnya buka mixer kembali deh.

Untuk donat kali ini saya lupa resepnya dari siapa, tapi ada di album screenshoot. Saya pilih ini karena bahannya kebetulan ada semua dirumah. Saya tidak memakai tepung terigu cakra, hanya terigu serba guna saja. Hasilnya sih tetap empuk namun tetap lebih enak pakai tepung cakra sepertinya. Pas bikin donat ini, eh pas ada tamu temannya suami kerumah sama anaknya. Jadi begitu donat matang langsung diserbu sama krucil, Iyas sekali makan habis 3 buletan donat. Tumbennnn ini karena donatnya enak atau karena ada temannya jadi makan banyak.

Resep Donat Empuk

Bahan Biang
2 sdt Fermipan
100 ml Air hangat (hangat kuku) 
(Aduk sampai rata dan sisihkan)

Bahan Donat
250 gr Tepung terigu protein tinggi
2 sdm gula pasir
2 sdm SKM putih
1 sdm Mentega
1/2 sdt Baking powder

Cara Membuat
Campur bahan kerng aduk rata lalu masukkan biang, uleni sampai rata, bila kurang kalis bisa tambahkan air. Lalu simpan selama 30 menit dalam wadah tutup dengan serbet. Setelah 30 menit bentuk bulat dan isi dengan meses. Simpan kembali selama 30 menit. Lalu goreng dengan api kecil, jangan dibolak-balik.

Resep aslinya bisa jadi 16 bulatan donat, tapi kemarin saya hanya jadi 12 bulatan mungkin karena terlalu besar saya bikinnya. Donat yang saya bikin enggak bertahan lama karena langsung habis dalam dua jam saja. Ya Alhamdulillah sih, biasanya kalau bikin kayak ginian bisa seharian baru habis.

Jangan lupa ya lihat donatnya Jeng Diah juga.

Happy Cooking, sampai ketemu di resep #CookingMama selanjutnya.




DapurAlaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan ^____^