Rabu, 25 Januari 2017

Tahu Rambutan


Sudah beberapa minggu ini saya lagi senang nongkrongin grup masak di FB, lagi cari-cari inspirasi aja siapa tau ada resep menarik yang mudah dibuat. Nah kemaren-kemaren ini di grup-grup masak lagi ramai bikin cemilan tahu rambutan. Saya lihat resepnya juga enggak sulit, bahannya semua mudah didapat. Maklumlah saya sekarang sedang malas masak yang ribet-ribet.

Kebetulan saya, suami dan Iyas juga penggemar tahu. Biasanya saya paling masak tahu digoreng tepung atau tanpa tepung, kadang dipepes ya seputaran itu saja. Pas lihat tahu rambutan koq kayaknya unik ya perpaduan tahu dan mie kering rasanya gimana ya, saat itu yang terngiang dalam pikiran saya. 

Mie kering yang digunakan bebas, boleh mie instan atau mie telor. Saya pakai mie instan yang ada di warung aja, tinggal ambil praktis. Dan untuk isian dari tahu rambutan juga bebas, saya pakai sosis (satu sosis saya belah 8-9). Resep aslinya menggunak telur puyuh. Tahu yang digunakan saya tahu bandung kebetulan cuma ada stock ada tahu bandung dirumah, kalau resep asli menggunakan tahu putih.

Dan inilah resep dari Tahu Rambutan, saya lupa resep ini dari siapa tapi saya ambil dari grup FB Aneka Resep Kue dan Makanan Enak (ARKME). 

Resep Tahu Rambutan

Bahan
8 buah tahu putih, haluskan (saya tahu bandung)
2 batang daun bawang iris tipis
1/2 buah wortel, parut (optional)
Garam (saya skip tahunya udah asin)
Lada bubuk secukupnya

Isian
Sosis, potong sesuai selera (bisa pakai telur puyuh)

Lapisan
Mie kering, hancurkan (bebas pakai mie merk apa aja)

Cara membuat
1. Campur semua bahan jadi satu.
2. Ambil sedikit adonan, pipihkan. Isi dengan isian, kemudian bulatkan hingga isi tertutup.
3. Gulingkan tahu diatas mie yg dihancurkan, sampai rata.
4. Goreng dalam minyak panas, hingga kecoklatan.
5. Sajikan.

Makannya nikmat dicocol ke saus sambal atau ditemani cabe rawit. Bisa jadi teman ngemil atau jadi menu pendamping makanan utama. Enak garing mie diluarnya, lembut tahu didalamnya. Apalagi pas kegigit sosisnya makin enak deh.

Selamat mencoba :)



Dapur Alaria

2 komentar:

  1. Kayanya enak nih yaa mba,,,, mau ah bikin pas wiken ^^

    BalasHapus
  2. Dsni ada Tempat makan menunya udang rambutan

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan ^____^