Selasa, 26 April 2011

Cireng Bumbu Pecel

Akhirnya tahun ini aku update juga hiihihihi. Sejak tahun 2011 ini aku belum update-update blog ini, abis lagi malas banget belajar masak. Jangankan masak untuk blogging aja aku malas. Tapi akhirnya sih kemaren aku paksakan aja untuk mulai belajar lagi, abisnya kalau gak dipaksa bisa berdebu nih blog gak di update hehehe.

Kemarin aku belajar membuat cireng, sebenernya udah lama mau bikin tapi ya itu males. Nah pas malam sebelumnya aku lagi telpon abi dan aku tanya dia lagi apa, dia bilang dia habis bikin cireng. Eh aku jadi malu sendiri, abi aja yang cowo bisa masak cireng masa aku gak bisa. Nah kemarin jadilah aku beli bahannya semua, tadinya sih mau pake isi oncom tapi ya gitu aku malas masak oncomnya, terus mau make keju eh abis dikulkas, ya sudah akhirnya pake bumbu pecel yang ada dikulkas hehehe.



Resep cirengnya aku dapet dari Abi, dia yang ngajarin bahannya apa aja dan takarannya berapa. Makasih ya abiku sayang, OK ini dia resepnya.

Bahan dan Bumbu
125 gr Tepung kanji / Tepung sagu
2,5 sdm Tepung terigu
Daun Bawang diiris2 *sesuai selera banyaknya*
2 siung bawang putih tumbuk halus *kalau aku make 4 siung bawang putih karena bawangnya kecil-kecil*
Lada halus
Garam
Air hangat
Bumbu pecel siap pakai

Cara membuat :
1. Campur semua bahan mulai dari tepung kanji, tepung terigu, daun bawang, bawang putih yang sudah dihaluskan.
2. Masukkan air hangat sedikit-sedikit saja sambil diaduk adonan, air gak usah terlalu banyak jika adonan sudah bisa dibentuk gak usah ditambahin lagi airnya.
3. Beri garam dan merica sesuai selera, aduk kembali adonan hingga rata.
4. Ambil sedikit adonan pipihkan dan kemudian taruh bumbu pecel ditengahnya lalu tutup adonan yang ditangan. Lakukan terus sampai adonan habis.
5. Goreng cireng dalam api sedang agar matang merata.
6. Sajikan dengan saus sambal hmmm enak :D

Mudahkan membuatnya untuk isi sih bisa diganti sesuai kesukaan kamu. Enak bisa buat cemilan sore sambil berkumpul dengan keluarga.
Selamat mencoba.


Best Regards,
Resepria [Ria Nugroho]

6 komentar:

  1. assalamu'alaikum
    wah kalo sore-sore hujan trus makan cireng dengan ditemani teh hangat yang tidak terlalu manis, pasti manteb ya Mbak.
    Entar istriku tak kasih tahu cara bikin cireng, maka ijin copas

    BalasHapus
  2. yaaahh mbak Ria curaaaaaaaaang, koq dulu saya gk dibuatin sih,, hihihih

    BalasHapus
  3. @djangan pakies : walaikumsalam iyam pak sok atuh dikasih resepnya ke istrinya :D

    @diah : hihihi iya diah cm bntr sih disininya

    BalasHapus
  4. Supaya gorengannya ngembang ditambain bumbu apaya?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan ^____^